Wisata BudayaWisata JogjaWisata Sejarah

Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat

kraton jogjakarta

Daerah Istimewa Yogyakarta

Semenjak berdiri tahun 1755, Yogyakarta merupakan sebuah daerah yang memiliki pemerintahan sendiri. Dan sampai saat ini Jogja masih sebagai kerajaan yang masih aktif dan diperintah oleh seorang Raja dengan gelar Sultan Hamengku Buwono X. Semenjak memutuskan bergabung dalam NKRI, Jogja sejajar dengan pemerintahan Provinsi dan mendapat gelar Daerah Istimewa Yogyakarta. Selain menjadi salah satu kerajaan yang masih Aktif di Indonesia, banyak sekali peran Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat dalam masa kemerdekaan Indonesia melalui Raja yang berkuasa saat itu yaitu Sultan Hamengku Buwono IX, sehingga Yogyakarta mendapatkan nama tambahan dari pemerintah pusat dengan sebutan Daerah Istimewa. Salah satu peran besar Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat dalam menjaga kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah pernah dijadikan sebagai Ibukota Negara pada tahun 1946 sampai dengan 1949.

Potensi Wisata

Yogyakarta saat ini memiliki 1 Kota dan 4 wilayah kabupaten. Kota Yogyakarta sebagai ibukata provinsi dan dikelilingi oleh 4 kabupaten yang ada. Pada sisi selatan Kabupaten Bantul dan sisi Utara Kabupaten Sleman. Sisi barat yaitu Kabupaten Kulon Progo yang memang berada di sebelah barat dari sungai besar bernama Progo dan sisi timur adalah Kabupaten Gunung Kidul yang berarti Gunung selatan. Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki wilayah yang berbatasan dengan beberapa kabupaten di Jawa Tengah. Sebelah barat daya Yogyakarta adalah kabupaten Purworejo sedangkan sebelah barat laut berdampingan dengan kabupaten Magelang. Sebelah timur laut berbatasan dengan kabupaten Klaten dan sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Wonogiri. Selain berbatasan dengan kabupaten-kabupaten di Jawa Tengah, Yogyakarta juga memiliki batas wilayah samudra Hindia disebelah selatan dan Gunung Merapi di sisi Utara. Hal ini menjadikan Jogja mempunyai potensi wisata yang cukup menarik.

Wisata Budaya

Selain wisata pantai dan Gunung Merapi, banyak lagi potensi wisata yang menjadikan Jogja sebagai tujuan wisata yang menarik. Wisata budaya dan wisata sejarah yang dimiliki Jogja menjadi alasan bagi para wisatawan baik local maupun asing untuk datang keYogyakarta. Kraton Yogyakarta dan beberapa tempat di Kraton yang tidak digunakan harian oleh keluarga Raja merupakan Wisata Wajib yang harus dikunjungi untuk lebih mengenal Jogja. Semakin menjadi hal yang sempurna untuk Yogyakarta sebagai Kota Wisata adalah dengan adanya 2 buah candi terbesar di Indonesia yang tidak jauh dari Jogja. 1 buah Candi Hindu yang masih termasuk dalam provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan 1 buah candi Budha yang merupakan candi Budha terbesar di seluruh dunia. Prambanan sebagai Candi Hindu masih dalam wilayah Jogja dan Borobudur di Kabupaten Magelang yang dapat ditempuh dengan perjalan kurang lebih satu setengah jam. Keduanya saat ini terdaftar sebagai peninggalan sejarah dunia oleh Unesco.

Untuk anda yang suka travelling, Jogja merupakan tujuan wisata yang lengkap dan murah. Jangan lupa hubungi Mahanani Tour untuk menemani perjalan wisata anda di Yogyakarta. Dapatkan pelayanan yang memuaskan dari kami. Salam Pariwisata

www.mahananitours.com

-ASH-

Bagikan halaman ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *